Banner
Divisi Data Litbang DikbudKementerian Pendidikan
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Apa rencana anda setelah lulus dari SMA?
Kuliah
Bekerja
Masih bingung
Lain-lain
  Lihat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 76404
Pengunjung : 23384
Hari ini : 2
Hits hari ini : 37
Member Online : 2
IP : 18.204.2.53
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

sma1_wadaslintang@yahoo.com    
Agenda
20 September 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

PELAYANAN dan KEPUASAN SISWA

Tanggal : 09-02-2016 11:22, dibaca 327 kali.

Latar belakang :

          Belajar merupakan tugas pokok seorang pelajar,dengan belajar siswa dapat meningkatkan pemahaman trhadap mata pelajaran yang telah di ajarkan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah. Dengan demikian  belajar sangat bermanfaat baik bagi siswa maupun guru, bagi siawa dapat meningkatkan prestasi dan bagi guru dapat menunjukan hasil kerja atau hasil kegiatan belajar mengajar.

          Sebagin besar siswa mau belajar apabila ada akan ada ulangan harian,ada tugas, ada ulangan tengah semester,ada ulangan akhir semester dan ada ujian sekolah / nasional. Kondisi ini menyebabkan prestasi siswa tidak maksimal dan pemahaman terhadap materi pelajaran  rendah.

          Oleh karena itu siswa harus selalu punya motivasi atau di motivasi agar mereka selalu belajar setiap hari tidak menunggu adanya tugas dari guru. Dalam pemberian motivasi bisa dengan berbagai cara antara lain :

  1. Memberi  pelayanan yang baik  terhadap siswa di sekolah oleh semua warga sekolah Dan pelayanan yang baik oleh keluarga.
  2. Memberikan  kepuasan kepada siswa lahir dan batin dengan harapan siswa termotivasi untuk belajar atas inisiatif sendiri karena belajar merupakan kebutuhan siswa bagi seorang siswa dalam menempuh pelajaran di sekolah.

Pelayanan terhadap siswa :

          Berdasarkan UU no 20/2003 tetang sistem pendidikan nasional pasal 12 ayat b yang berbunyi “ setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya “ adanya pasal ini menunjukan bahwa satuan pendidikan wajib memberikan pelayanan kepada siawa dengan sebaik-baiknya.

          Hakekat pelayanan yang baik  adanya keseuaian dengan persyaratan,kccocokan dipakai,perbaikan berkelanjutan bebas dari keruasakan dan kesalahan memenuhi kebutuhan pelanggan ( siswa ) melakukan dengan cara yang benar dan menyenangkan pelangan ( siswa ) intinya pelayanan yang baik dapat tercapai apabila pelanggan ( siswa ) mersa puas dengan pelayanan yang di peroleh dan mereka merasa bahwa pelayanan itu lebih dari semula mereka harapkan.

          Melayani pelanggan ( siswa ) berarti membantu siswa  memenuhi kebutuhannya dan dilaksanakan dengan cara sangat baik sehingga siswa merasa puas. Dengan demikian pelayanan yang baik mencakup tiga hal antara lain :

  1. Kulalitas  teknis yang berhubungan dengan outcome pelayanan
  2. Kualitas fungional yang berhubungan proses pemberian pelayanan
  3. Reputasi layanan

Kepuasan siswa :

          Kepuasan merupakan suatu kondisi seseorang terpenuhi semua kebutuhannya baik kebutuhan lahir maupun kebutuhan batin. Kepuasan sesorang dapat mempengaruhi tingkah laku seseaorang dalam  bebagai hal. Akan terjadi perbedaan antara orang  yang  terpenuhi kepuasannya dengan orang yang tidak puas, biasanya kepuasan akan berdampak dalam kegiatan  yang positif dan cenderung untuk bertingkah laku keaa arah yang lebih baik bahkan bisa menjadikan dorongan yang kuat terhadap kegiatan tertentu.

          Jika kepuasan tersebut diatas ada pada diri siswa maka tidak mustahil siswa akan termotivasi untuk belajar lebih semangat, lebih giat sehingga dapat meningkatkan prestasi bealajar.

          Logikanya jika pelayanan terhadap  siswa baik ( prima )yaitu   pelayanan orang tua dirumah maupun pelayanan  oleh sekolah juga di lakukan dengan baik  di tambah dengan adanya kepuasan lahir dan batin ada pada diri siswa maka hal ini akan menjadi motivasi bagi siswa untuk melakukan  kegiatan belajar dengan maksimal. Bahkan seharusnya sudah tidak alas an lagi untuk tidak belajar karena sebagian besar yang menjadikan motivasi belajar sudah terpenuhi. 

Identifikasi masalah

            Dari latar belakang yang di uraikan di atas  penulis dapt mengidentifikasi masalah sebgai berikut :

Pelayanan sekolah terhadap siswa 

  1. Pelayanan bidang Kurikulum  yaitu pelayanan sekolah terhadap siswa dalm hal kegiatan belajar mengajar. Pelayan kurikulum dikatakan baik apabila semua indicator kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari interaksi antara guru dan siswa di dukung sarana dan prasarana  yan memadahi berjalan sesusai dengan fungsinya masing- masing secara maksimal.
  2. Pelayanan bidang Kesiswaan : Adanya kegiatan eksatra kurikulear yang sesuai dengan minat dan bakat siswa dan meliputi berbagai macam pilihan dan di ikuti oleh semua siswa, maka dapat merupakan sebagian besar pelayanan terhadap siswa.
  3. Bidang sarana prasarana :Adanya saran prasarana yang dapat mnunjang pealayanan  terhadap kegiatan bealajar mengajar dan paelayanan terhadap siswa, sehingga dengan adanya sarana ini pelayanan sekolah tarhadap siswa secara keseluruhan dapat mendekati sempurna,

 

 

 

 

 

 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas